FPK Sumut Adakan Sosialisasi Pembauran Kebangsaan pada Pelajar SMA."Ir Baharuddin Berutu,Agar Pelajar memahami makna wawasan kebangsaan dan menangkis Faham Radikalisme.

Editor: Admin author photo


 Medan (Media Polmas Poldasu)

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Sumatera Utara mensosialisasikan pembauran kebangsaan bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat se- Sumatera Utara di SMA Dharmawangsa Medan, Rabu (13/9).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sejumlah pengurus FPK Sumut dan di ikuti sekitar 50 siswa dari berbagai sekolah seperti SMA Dharmawangsa, SMA Yos Sudarso, SMA Laksamana Martadinata , SMA Raksana, SMK Swasta Brigjend Katamso.
Acara sosialisasi menghadirkan  pemateri Sekretaris Kesbangpol Dr. Hendra Dermawan Siregar, dengan materi membangun paham kebangsaan, Dr. Hasyim MM. Dosen Unimed dengan materi Deradikalisme dan pencegahan tawuran pelajar, Drs R. Gopala Krisna, MBA dengan materi pembauran kebangsaan dalam perspektif pendidikan.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumut di wakili Sekretaris Kesbangpol Dr. Hendra Dermawan Siregar. Pihaknya mengapresiasi kegiatan sosialisasi pembauran kebangsaan bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat se- Sumatera Utara yang dilaksanakan FPK Sumatera Utara."sebut Dr Hendra,dalam sambutannya.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan(FPK) Sumut melalui Wakil Ketua Ir. Baharuddin Berutu mengatakan kegiatan ini mengambil thema “Membangun Paham Kebangsaan Dalam Upaya Merajut Kebhinekaan Untuk Mencegah Radikalisme dan Aksi Tawuran Pelajar di Sumatera Utara”.

Dijelaskan Bahruddin Berutu."Bahwa sosialiasi ini dilaksanakan dalam rangka menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan sekaligus memberikan pemahaman kepada sekolah-sekolah bagaimana agar para siswa bisa memaknai tentang kebersamaan, kebhinekaan, sehingga tidak terjadi lagi yang namanya radikalisme dan paham-paham yang tidak sejalan dengan idiologi Pancasila"jelas Baharuddin 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa apa lagi dalam beberapa bulan ke depan kita akan memasuki PIlpres dan Pilkada serentak oleh sebab itu perlu kami sampaikan kepada anak-anak kami untuk menjaga diri agar bisa memahani bagaimana sebenarnya wawasan kebangsaan tersebut."ungkap Berutu dalam sambutannya mewakili ketua FKP Sumut ini.

Sementara itu Kepala SMA Dharmawangsa Drs. Sutrisno mengucapkan terimakasih pada FPK Sumut dan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini di SMA Dharmawangsa Medan ini."kata Sutrisno

“Ini bukan kali pertama SMA Dharmawangsa sebagai tempat penyelenggara kegiatan seperti ini sebelumnya di juga telah dilaksanakan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula oleh Kesbangpol kota Medan,Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Dan kita juga mengharapkan kegiatan kali ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Drs. Sutrisno mengharapkan para siswa untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa yang dapat menambah wawasan para siswa khususnya menyangkut wawasan kebangsaan dan kebhinekaan.

Sedangkan Ketua Panitia Saifuddin AW berharap kegiatan ini bisa memaksimalkan entitas karakter politik bela negara, berbangsa dan bernegara sehingga siswa dapat memahami dan jauh dari apa yang disebut dengan radikalisme dan tawuran antar pelajar.

“Kita berikan pemahaman agar mereka cinta terhadap dirinya,keluarganya masyarakat bangsa dan negara sehingga mereka berjalan tegak lurus sesuai aturan sehingga mereka tau apa itu pancasila, bagaimana wawasan kebangsaan hidup yang berbeda-beda tapi tujuan sama yaitu Bhineka tunggalika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.(ws/BRT/Kp)
Share:
Komentar

Berita Terkini