Kepsek SDN 0112 Diduga Tidak Menjalankan Visi Misi Disdikbud

Editor: Admin author photo



Padanglawas, (Media Polmas)

MCK tidak berfungsi, tiga rumah dinas kosong tak berpenghuni dialihfungsikan jadi ruang belajar siswa di SDN 0112 Janjilobi, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Selain itu wartawan juga menemukan adanya 2 lokal siswa yang belajar tanpa pendampingan guru, kuat dugaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tidak berjalan di sekolah tersebut.

"Kami belajar sendiri, guru kami tidak masuk Pak, katanya cuti," ungkap salah seorang siswa (red) kelas VI saat ditanyai wartawan di sekolah tersebut. Sabtu (30/9/2023) pukul 10.50 WIB

Sementara Kepsek SDN 0112 Janjilobi, Syafarullah Siregar, Spd IGr tidak dapat di temui di sekolah, tampak situasi keadaan kantor juga terlihat tanpa penghuni.

Salah satu guru yang di temui mengaku penggunaan rumah dinas guru yang kurang layak untuk ruang belajar, namun karena jumlah lokal belajar yang kurang Kepsek berinisiatif mengalihfungsikan rumah dinas guru yang tidak dihuni itu menjadi ruang belajar siswa.

"Untuk ruang belajar ada 7 lokal, sedangkan untuk rumah dinas yang dialihkan fungsikan menjadi ruangan belajar ada 3 lokal, yakni kelas 4, kelas 5a dan 5b," kata guru yang enggan di sebutkan namanya.

Amatan wartawan media Polmas di sekolah tersebut asbes bolong, mck (toilet) tidak berfungsi, hingga penggunaan rumah dinas guru yang kurang layak untuk 3 ruang belajar siswa hanya jadi tontonan belaka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Syafarullah selain menjabat selaku Kepsek SDN 0112 Janjilobi ia juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan juga Ketua Kwartir Pramuka di Kecamatan Barumun.

Kepsek Syafarullah sebagai top manager di sekolah serta Ketua K3S Kecamatan Barumun dinilai belum berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan sebagai mana visi misi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.

Seharusnya K3S dapat memberikan solusi maupun penanganan sarpras mulai dari kualitas rumbel, mck yang tidak berfungsi dan mobiller ke Dinas Pendidikan hingga manajemen berbasis sekolah (MBS) dapat berjalan dengan baik. (ZiZ)

Share:
Komentar

Berita Terkini