PJ Bupati Dairi Charles Bantjin Buka MTQ Tingkat Kabupaten Dairi Ke 49

Editor: Admin author photo

Sidikalang(Media Polmas Poldasu)

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Dairi ke-49 yang digelar di Halaman Gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, resmi dibuka PJ Bupati Dairi, Charles Bantjin, Senin (20/5/2024)kemarin.

MTQ yang dilaksankan selama 2 hari, Senin - Selasa (20 -21/5/2024), mengambil tema 'Dengan MTQ mari kita wujudkan masyarakat yang berkarakter Qurani untuk bangsa yang lebih bermartabat maju dan mandiri'.

"MTQ merupakan kegiatan tradisi bagi umat Islam di Indonesia khususnya Kabupaten Dairi," kata Charles Bantjin.

Disebutkannya, MTQ merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena sebagai ajang silaturahmi sesama umat beragama khususnya umat Islam di Dairi.

"Kita berharap kegiatan ini sebagai salah satu wujud dalam memacu pembangunan di Dairi. Melalui MTQ ini kita berharap ada perbaikan dan sebagai wujud dalam memoderasi kegiatan beragama yang baik di daerah yang kita cintai ini," harapnya.

Tak hanya itu, MTQ ini juga bisa sebagai forum silaturahmi yang pasti mengandung nilai-nilai positif dan memperkuat ada persaudaraan dan ikatan bersama lintas etnis beragama sesama masyarakat Dairi.

"MTQ ini juga untuk menumbuh kembangkan dan kecintaan kita dalam mempelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia," ujarnya.

Menurutnya, Alquran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan pasti tidak akan pernah habis, dan ini akan terus dikaji dan digali dalam peningkatan nilai-nilai luhur yang dipakai sebagai pedoman dan pandangan hidup.

"Untuk itu kegiatan ini jangan sebagai seremoni saja, karena kita yakini kegiatan ini sangat strategis dan merupakan momentum kita dalam mewarnai percepatan pembangunan di Dairi," tuturnya.

Kalau sebelumnya di tingkat provinsi Dairi selalu berada di urutan 10 besar. Maka di MTQ tingkat provinsi nanti target kita Dairi harus bisa juara 

"Kita berharap nanti di MTQ tingkat provinsi Sumatera Utara Dairi harus bisa juara umum," tegasnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Dairi Jono Pasi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Bupati Dairi dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan MTQ ini.

Mudah-mudahan MTQ ini dapat berjalan dengan baik dan sukses," ucapnya.

Ia pun berharap kepada Pemkab Dairi, agar kedepannya dana kegiatan MTQ bisa ditingkatkan lagi, agar bisa lebih meriah lagi.

"Kita berharap kepada Pemkab Dairi, untuk dana MTQ kedepannya bisa ditingkatkan lagi," tutupnya.

Selanjutnya, Kakan Kemenag Dairi Riswan Gaja menyebutkan, MTQ ini tujuannya agar masyarakat rajin membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari."

"Mari kita tanamkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari," harapnya.

Diakhir sambutannya, ia tak lupa mengucapkan terimakasih kepada panitia yang sudah bersusah payah melaksanakan kegiatan MTQ ini.(*red)


Share:
Komentar

Berita Terkini