Berkat Call Center 110 Pengedar Ganja di Kampung Tiba dibekut Sat Narkoba.

Editor: Admin author photo

P. Sidimpuan (Media Polmas Poldasu)

Sat Resnarkoba Polres Padangsidimpuan berhasil  menangkap pengedar  Narkoba jenis ganja berinisial FSM (23) Tahun di  Kampung Toba Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan , Jumat (25/8/2023) siang.

“Penangkapan terhadap pelaku berawal dari laporan masyarakat yang masuk ke Call Center 110 pada sekitar pukul 12:00 Wib Jumat (25/8/2023) lalu,” kata Kapolres Padangsidimpuan  AKBP. Dudung Setyawan, S.H, S.IK, M.H, melalui Kasat Resnarkoba AKP Jasama H Sidabutar, S.H, Rabu (29/8/2023) pagi.

Menurut Kasat Resnarkoba ada laporan warga melalui Call Center 110 bahwa disalah satu rumah yang terletak di Kampung Toba  diduga sering  menjadi lokasi mengedarkan Narkoba jenis ganja, kemudian pihaknya langsung memerintahkan KBO Sat Resnarkoba Polres Padangsidimpuan IPTU K. Sinaga, S.H bersama Personil Sat Resnarkoba  menindak lanjutinya.

Selanjutnya Tim Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan observasi, hingga menemukan lokasi yang dilaporkan oleh masyarakat. 

“Tim Satuan Resnarkoba melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku merupakan  warga Dusun Hutaimbaru Desa Luak Lombang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Dalam penangkapan  tersebut pelaku berusaha untuk melarikan diri tapi atas kegesitan Petugas, Akhirnya pelaku berhasil dibekuk dan menyuruh pelaku mengambil sesuatu yang  sempat membuang    bungkusan yang diduga berisi daun ganja bersama dengan hal tersebut petugas juga menemukan sejumlah barang bukti berupa 3 Paket ganja yang dibungkus lakban kuning bruto 130 gram berikut uang sebanyak Rp 770.000,- diduga hasil penjualan.

Kami juga menyita 1 unit hand phone atau telepon genggam yang diduga digunakan tersangka untuk melakukan transaksi dengan konsumennya  berikut 1 unit sepeda Motor jenis Vario hitam dengan nomor BK 6529 YBB yang dikendarai pelaku saat menjemput dan mengantar daun ganja itu, kata Kasat Resnarkoba. 

Pria itu ditangkap berkat informasi  dari warga yang  resah akan aktivitas seorang pria di salah satu rumah, saat  melakukan penyelidikan  personil melihat seorang pria dengan mengendarai sepeda motor hendak menuju  salah satu rumah dan saat itu juga langsung melakukan penangkapan terhadap pemuda  itu, ujarnya.

Hasil introgasi  pelaku mengatakan bahwa daun ganja itu didapatkannya  dari seorang pria RN Warga Kelurahan Losung Seterusnya petugas kemudian melakukan pengembangan terhadap RN namun saat mendatangi  kediaman RN sudah berhasil melarikan diri. 

Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Padangsidimpuan guna penyidikan lebih lanjut.

Kepada pelaku, petugas Polisi juga melakukan tes urine untuk mengetahui apakah pelaku telah mengkonsumsi Narkoba jenis Ganja, “ Hasil dari tes Urine menunjukan pelaku positif mengkomsumsi Narkoba jenis Ganja,” tegas Kasat Resnarkoba. 

AKP Jasama H Sidabutar, S.H mengatakan, saat ini Pihaknya  masih mengembangkan kasusnya dengan memburu bandar yang memasok Narkoba jenis Ganja kepada pelaku, “jelasnya.

Akibat ulahnya itu, pemuda ini dijerat dengan pasal 111 dan pasal 114 Undang Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2019 dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan minimal lima tahun penjara.(HMS/kp)

Share:
Komentar

Berita Terkini