Tahapan Pemilu 2024 di Dairi Berjalan Dengan Lancar ,Polres Dairi Release Pengamanan Tahapan Pungut & Rekapitulasi Hitung Suara Tingkat KPU Dairi

Editor: Admin author photo

 

Dairi (Media Polmas)

Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari, P.A., SIK, SH, M.Si Bersama KPU Maupun Bawaslu Dairi  Gelar Press Release Dalam rangkaian Pengamanan Tahap, Pungut Dan Rekapitulasi Hitung Suara Tingkat KPU Kabupaten Dairi Pada Pemilu 2024, Bertempat Di Gedung Utama Mapolres Dairi, Sidikalang ,Selasa (05/03)

Dalam Kegiatan ini Kapolres Dairi menjelaskan, Berawal dari Tahun 2023, setelah dimulainya rangkaian tahapan Pemilu sampai dengan saat ini, telah berakhirnya rekapitulasi tingkat kabupaten, dan hari ini Selasa 05-03-2024 sudah dilanjutkan di tingkat provinsi, Dimana merupakan hari pertama dijadwalkan rekapitulasi tersebut di Provinsi .

“Yang mana kegitan ini dilaksanakan dengan didampingi oleh Komisioner KPU Dan Bawaslu, bahwa kegiatan tahapan pemilu di kabupaten dairi dapat berjalan denga naman dan lancar” Ucapnya.

Kapolres Dairi Agus Bahari menjelaskan, Ada beberapa kejadian atau pun laporan, Diantaranya ada dua katagori yakni terselesaikan dan masih di tindaklanjuti.

Adapun Katagori yang terselesaikan adanya dugaan pelangaran pemilu berupa pencabutan peragaan kampanye (APK), dari partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) oleh satpol PP Dairi, yang berujung unjuk rasa di depan kantor bupati Dairi.

Berdasarkan laporan tersebut telah di klarifikasi oleh bawaslu Dairi, dan sudah di nyatakan bahwa tidak terbukti terjadinya pelanggaran pemilu.

“Hal lain juga adanya laporan dugaan perangkat desa dari tim sukses calon legislatif, yang mana laporan tersebut tidak dilengkapi dengan secara pormal dan material, sehingga bawaslu menyatakan hal tersebut tidak bisa di register atau pun tidak bisa  di tindak lanjuti” lanjut Kapolres.

Adapun dalam katagori yang lain yaitu laporan yang masih ditindaklanjuti ataupun dalam tunggakan yakni, adanya dugaan tindak pidana pemilu yaitu pelanggaran tentang terjadinya money politik oleh calon legislatif dari partai golkar atas nama Ramses Samosir, Carles tamba, Dr. Eddy Keleng Ate Brutu dan Saudari Romi Mariani, Serta Maria dimitria tabitha berutu dimana prosesnya akan dilaksanakan klarifikasi berdasarkan penyampaian dari bawaslu, dan akan di klarifikasi pada hari ini.

Ditambahkan Kapolres kegiatan ini, juga masih ada salah satu partai,yaitu dari Partai PPP, menyampaikan pengunaan terkait dengan dana kampanye, sehingga Tindakan yang dilakukan KPU adalah melanjutkan Klarifikasi  

Sementara itu, Tercatat ada 15 kejadian khusus yang dilaporkan saat pelaksanaan rekapitulasi tingkat kabupaten, dan ditiap kecamatan ada satu laporan khusus yang di sampaikan oleh saksi pasangan Calon Presiden Wakil Presiden  dari no urut 3, hal ini ditindaklnjuti dengan membawa catatan tersebut ke tingkat KPU Provinsi(*PD/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini